Kamis, 27 Mei 2010

- 'Sang Profesor' yang Sulit tergantikan

Jakarta - Empat belas tahun sudah Arsene Wenger mengabdikan dirinya di Arsenal. Jika sudah saatnya 'Si Profesor' pergi niscaya akan sulit mencari suksesornya karena pria Prancis itu adalah yang terbaik bagi The Gunners.

Sejak menjejakkan kakinya di tanah Inggris pada 1996 usai melatih di klub Liga Jepang Nagoya Grampus Eight, Wenger menahbiskan dirinya sebagai salah satu manajer hebat di Inggris mau pun dunia.

Tak hanya soal prestasi dengan memberikan tiga titel Liga Inggris serta empat Piala FA, Wenger pun mempunyai mata yang tajam dalam melihat bakat-bakat para pesepakbola muda. Sudah banyak pemain hebat yang dicetak oleh tangan dingin Wenger. Contoh mudahnya adalah Thierry Henry, Patrick Vieira dan kini Cesc Fabregas.

Berkali-kali Wenger diisukan akan pergi serta dibayangi catatan buruk lima tahun tanpa gelar, pria berusia 60 tahun itu tetap menunjukkan kesetiannya sampai saat ini masih duduk manis di kursi pelatih 'Tim Gudang Peluru'.

Namun seperti kata pepatah 'Di Dunia Tak Ada Yang Abadi' di mana itu berlaku pula untuk Wenger yang suatu saat pasti meninggalkan Arsenal baik itu pensiun atau pun menjadi pelatih klub lain atau timnas.

Hal itu yang ditakutkan olen mantan anak asuh Wenger David Seaman mengenai nasib Arsenal jika Wenger sudah mencapai 'waktunya' itu.

"Wenger mungkin tak akan meninggalkan Arsenal. Tapi jika saatnya dia sudah ingin pergi atau pensiun, maka sulit bagi Arsenal untuk mencari pengganti yang sepadan," tukas Seaman dalam jumpa pers di Four Seasons Hotel, Kamis (27/5/2010) siang WIB.

"Bagi saya Wenger adalah pelatih dan pribadi yang fantastis. Dan ia adalah pelatih terhebat dalam karir saya," puji Seaman untuk mantan mentornya itu.

Okelah kalau memang Wenger sulit tergantikan. Namun jika ada nama yang bisa menggantikan Wenger suatu hari. Siapa menurutmu yang pantas, Seaman?

"Mungkin (Fabio) Capello atau (Jose) Mourinho boleh lah karena mereka merupakan pelatih hebat. Namun Wenger tetap yang terbaik," tutup Seaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar