Rabu, 30 Maret 2011

- 'Soal Barca, Lebih Baik Pikirkan Lagi Fabregas'

London - Fernando Torres beropini soal isu yang "mengganggu" rekan senegaranya yakni Cesc Fabregas. Torres mengatakan bahwa Fabregas harus berpikir lagi jika ingin bergabung ke Barcelona. Apa alasannya?

Isu bahwa Fabregas bakal memperkuat Barcelona sudah cukup lama beredar. Bahkan bantahan atau penolakan yang dikeluarkan oleh pihak-pihak yang terkait tidak membuat rumor ini lenyap. Terakhir Barcelona mengatakan pihaknya menolak mengeluarkan 50 juta euro demi memboyong kapten Arsenal itu.

Soal Fabregas ini juga menarik perhatian Torres. El Nino menyarankan agar Fabregas berpikir lagi soal Azulgrana. Pasalnya ada sejumlah risiko yang harus dihadapi oleh pemain 23 tahun itu andai jadi bermukim di Camp Nou.

Risiko pertama menurut Torres adalah tidak ada jaminan bahwa Fabregas akan langsung mendapatkan tempat utama di Barca. Pasalnya nama-nama yang mengisi posisi reguler di lini tengah tim "biru-merah" tersebut bisa dikatakan cukup sulit untuk digeser.

"Apakah Cesc bisa berkembang atau tidak andai bergabung Barcelona, itu urusan Pep Guardiola. Saya tak mengikuti Liga Spanyol, namun saya pikir di Barca cukup sulit untuk bisa berkembang. Jika Cesc bergabung, siapa pemain yang tergusur? Sudah jelas bila Cesc bergabung, dia bakal menjadi pembelian luar biasa -- di Inggris dia merupakan satu dari tiga pemain terbaik. Dia bisa melakukan hal serupa di Barca, namun jelas itu sangat sulit," ujar pemain depan Chelsea itu dilansir dari ESPN Star.

Yang kedua adalah masalah psikologis. Cesc yang selama ini menjadi pahlawan dan pujaan bagi para suporter Arsenal, bisa jadi bakal sangat dimusuhi bila dia pindah klub. Hal tersebut dirasakan sendiri oleh Torres yang meninggalkan Liverpool.

"Masing-masing pemain memiliki kisahnya tersendiri. Namun dari yang saya ketahui bahwa Cesc benar-benar harus berterimakasih kepada Arsene Wenger dan Arsenal. Jika dia pergi, maka Anda harus menghadapi risikonya. Pada akhirnya, ketika Anda pergi maka Anda akan sendirian. Dalam hal ini sepakbola bisa sangat hipokrit."

Torres kembali menyarankan agar rekan senegaranya itu berpikir lagi dan berpikir secara mendalam soal apakah akan meninggalkan Arsenal dan berlabuh di Barcelona.

"Ini memang situasi yang rumit ketika ada pesepakbola ingin pindah tim, maka yang dia inginkan adalah bisa lebih baik lagi. Sebab pesepakbola hanya punya waktu delapan hingga sepuluh tahun berada di performa terbaik," ujar Torres.

"Memang Anda harus memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk melangkah ke depan. Jika beruntung, maka klub akan membantu. Itu yang terjadi ketika saya di Atletico Madrid. Saya mengenal orang-orang di Atletico dan punya hubungan yang baik."

"Tapi di Liverpool berbeda, ada sejumlah masalah ketika saya meninggalkan mereka. Javier Mascherano juga melakukan hal baik untuk Liverpool, namun Liverpool tak memperlakukan Mascherano dengan pantas ketika dia pergi," tuntas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar