Rabu, 19 Januari 2011

- Piala FA
City Atasi Alotnya Leicester

Manchester - Manchester City melangkah ke babak IV Piala FA. Hasil itu diraih tidak dengan mudah karena City harus mengatasi penampilan ngotot Leicester City sebelum menang 4-2.

Pertandingan di City of Manchester Stadium, Rabu (19/1/2011) dinihari WIB merupakan replay partai babak III setelah sebelumnya Leicester bermain imbang 2-2 saat menjamu City.

Gantian menjadi tuan rumah, Roberto Mancini memainkan beberapa pemain pilar City sedari menit awal, seperti Carlos Tevez. Namun, Mancini juga merotasi sejumlah pemainnya.

Di dalam laga City unggul lebih dulu berkat gol Tevez, tapi Leicester dengan cepat membalas lewat Paul Gallagher dari titik putih. City kemudian terus melaju lewat gol Patrick Vieira dan Adam Johnson.

Saat tengah unggul 3-1, City memiliki peluang untuk menuntaskan perlawanan Leicester, yang masih saja tampil ngotot, lewat tendangan penalti Tevez pada menit 59. Tapi Tevez membuang kans itu.

Leicester sempat menghidupkan peluang lewat gol Lloyd Dyer pada menit 83, kendati asa itu dipupuskan oleh gol Aleksandr Kolarov di menit akhir. Hasil ini membuat City maju ke babak IV menghadapi Notts County.

Jalannya Pertandingan

City berhasil unggul dari Leicester saat laga berjalan 15 menit. Dari sebuah lemparan ke dalam, Carlos Tevez menerima bola, menggiringnya melewati lawan-lawan dan kemudian melepaskan tembakan keras yang tak bisa diantisipasi kiper.

Keunggulan tidak berjalan lama. Tiga menit berselang wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran tidak perlu yang dilakukan Patrick Vieira terhadap Lloyd Dyer. Paul Gallagher maju jadi algojo dan menyamakan skor.

Vieira membalas kesalahan itu pada menit 37. David Silva meneruskan sebuah umpan silang dengan tendangan yang masih bisa ditepis Chris Weale. Bola lantas terpental ke tiang jauh untuk disambut Vieira yang berada pada waktu dan posisi yang tepat.

City menambah keunggulan semenit kemudian. Silva melepaskan umpan terobosan dari lini tengah dan Adam Johnson berlari memburu. Dikawal dua pemain lawan, ia tetap mampu mengirim bola ke dalam gawang Leicester. City unggul 3-1 di saat jeda.

Wasit kembali menunjuk titik putih pada menit 57, kali ini untuk City setelah Tevez yang sedang berlari menuju gawang dijatuhkan Jack Hobbs. Tevez mengambil penalti itu sendiri tapi sepakannya mengarah tepat ke kiper.

Leicester cukup beruntung karena tidak kehilangan Hobbs dalam insiden tersebut. Mengingat posisi Tevez yang cukup bebas menuju gawang, Hobbs sama sekali malah tidak mendapatkan kartu.

Pertandingan kian memanas di menit 74. Dyer dan Vieira bersitegang setelah sebelumnya si pemain Leicester ditekel. Wasit kali ini bersikap tegas dengan melayangkan kartu kuning untuk keduanya.

Tujuh menit sebelum bubaran, Leicester menggebrak. Lolos dari jebakan offside, Dyer berlari kencang mengejar bola yang juga gagal dihalau Joleon Lescott. Si kulit bundar kemudian dengan tenang disontek Dyer melewati Joe Hart. Leicester mengejar 2-3.

Gencar menyerang, Leicester meninggalkan lubang di lini belakang. Dari serangan balik, Aleksandr Kolarov pun sukses menceploskan gol nomor empat City ke gawang Leicester di menit-menit akhir.

Susunan Pemain:

Man City: Hart, Zabaleta, Lescott, Kompany, Kolarov, Toure Yaya (Jo '79), Vieira, Milner, Adam Johnson, Tevez, Silva (Barry '64)

Leicester: Weale, Naughton, Hobbs, Bamba, Berner, Gallagher (Moussa '30), Wellens (Oakley '46), Abe, Andy King, Dyer, Howard (Waghorn '69)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar