Minggu, 16 Januari 2011

- Tekuk Blackburn, Chelsea Tembus Empat Besar

London - Chelsea berhasil mengalahkan Blackburn Rovers 2-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Kemenangan ini membawa The Blues menembus zona empat besar di klasemen sementara.

Dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (15/1/2011), Chelsea kembali mengandalkan duet Didier Drogba dan Nicolas Anelka di lini depan. Sementara Blackburn tak menurunkan pemain anyarnya, Roque Santa Cruz, dari menit awal.

Chelsea lebih banyak menguasai permainan sepanjang laga. Statistik Soccernet mencatat pasukan Carlo Ancelotti mendominasi penguasaan bola dengan perbandingan 66:34. Mereka juga melepaskan 31 tembakan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Blackburn melepaskan hanya mampu membalas lewat empat tembakan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Setelah bermain imbang tanpa gol di paruh pertama, Chelsea berhasil memetik keunggulan di menit ke-57 lewat sepakan jarak dekat Branislav Ivanovic. Di menit ke-76, The Blues berhasil menggandakan keunggulan berkat gol Nicolas Anelka.

Kemenangan ini mengatrol posisi Chelsea ke peringkat keempat klasemen sementara dengan koleksi 38 poin dari 22 laga. Mereka menggusur Tottenham Hotspur dengan keunggulan dua angka. Sementara Blackburn turun ke peringkat 11 dengan 28 poin dari 23 pertandingan.

Jalannya pertandingan

Tim tuan rumah punya peluang di menit kedua. Berawal dari sepak pojok, Ramires berhasil mencuri bola dari bek Blackburn dan melepaskan tembakan kaki kanan yang hanya menerpa tiang gawang Paul Robinson.

Dua menit berselang, Blackburn gantian menekan. Sepakan keras Morten Gamst Pedersen dari luar kotak penalti masih mudah untuk diamankan oleh Petr Cech.

Di menit ke-30 The Blues kembali mengancam lewat sepakan Jose Bosingwa dari luar kotak penalti, namun masih melambung tinggi di atas gawang.

Blackburn punya peluang matang empat menit kemudian. David Hoilett yang mengacak-acak pertahanan Chelsea mampu melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan oleh Cech.

Chelsea punya dua peluang bagus semenit berikutnya. Sayang sepakan Nicolas Anelka dari luar kotak penalti dan sundulan Frank Lampard masih belum menemui sasaran.

Di menit-menit akhir babak pertama, Anelka kembali memperoleh peluang emas. Sontekannya memanfaatkan crossing Drogba hanya mengenai mistar gawang.

Chelsea langsung menggebrak di awal babak kedua. Tendangan datar Anelka masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Blackburn.

Branislav Ivanovic akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit ke-57. Berawal dari sepak pojok, bola yang disundul John Terry jatuh ke kaki Ivanovic. Bek asal Serbia itu kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat yang menaklukkan Robinson. Chelsea 1, Blackburn 0.

Terry punya kans untuk menggandakan keunggulan Chelsea. Namun sundulannya memanfaatkan tendangan Lampard hanya melintas di muka gawang Blackburn.

Peluang berikutnya hadir lewat kaki Drogba. Berawal dari kesalahan Christopher Samba melakukan backpass, bola berhasil dicuri Drogba dan membuatnya tinggal berhadapan dengan Robinson. Sayang, sepakannya terlalu mudah untuk dibaca eks kiper timnas Inggris itu.

Chelsea akhirnya mendulang dol kedua di menit ke-76. Kembali berawal dari sepak pojok, bola yang ditanduk Ivanovic dibelokkan oleh Anelka dan menggetarkan gawang Robinson.

Sepuluh menit kemudian, Drogba dan Malouda mengancam gawang Blackburn lewat tendangan dari luar kotak penalti. Sepakan Malouda bisa ditepis Robinson, sedangkan tembakan Drogba masih melambung tipis.

Kedudukan 2-0 untuk Chelsea bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:
Chelsea: Cech, Terry, Ivanovic, Cole, Bosingwa, Ramires, Lampard, Essien (McEachran 80'), Malouda (Sturridge 87'), Drogba, Anelka (Kalou 80')

Blackburn: Robinson, Nelsen, Samba, Givet, Salgado, Pedersen, Dunn (Lowe 24'), Olsson, Hoilett (Roberts 68'), Biram Diouf, Kalinic (Santa Cruz 46')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar