Kamis, 18 November 2010

- Derby London Utara untuk Puncak Klasemen

Jakarta - Akhir pekan ini Arsenal akan melakoni derby London utara melawan Tottenham Hotspur. Mereka punya kesempatan untuk merasakan puncak klasemen sementara, walaupun mungkin untuk beberapa jam saja.

Kickoff Arsenal-Spurs dua jam sebelum Chelsea bertanding di markas Birmingham City, Sabtu (20/11/2010). Dan jika The Gunners bisa menundukkan rival sekotanya itu di Emirates Stadium, maka mereka akan melangkahi The Blues di pucuk tabel kompetisi. Durasinya bisa bertambah sampai satu minggu ke depan apabila Chelsea tersandung di St Andrew's.

Kemenangan atas Everton minggu lalu membuat Arsenal saat ini cuma berjarak dua angka dari Chelsea, yang di pertandingan terakhirnya secara mengejutkan kalah telak 0-3 dari Sunderland di Stamford Bridge.

Buat Cesc Fabregas dkk ini tentu sebuah peluang. Mereka sudah mengisi "pemanasan" derby London utara ini dengan menaklukkan The Lilywhites 4-1 di babak ketiga Piala Carling. Lebih jauh lagi, Arsenal cuma kalah satu kali dari Spurs di level liga dalam 11 tahun. Kekalahan itu diderita di pertemuan kedua mereka di musim lalu, pada 14 April 2010, saat Spurs menang 2-1 di White Hart Lane.

Sementara itu Spurs akan mengalami titik menurun lagi jika kehilangan poin dari musuh bebuyutannya itu. Mereka sudah kehilangan lima angka dari dua pertandingan setelah gemilang menaklukkan Inter Milan di Liga Champions. Luka Modric dkk beruntung bisa menang lagi di pekan lalu saat menghadapi Blackburn Rovers (4-2).

Sejauh ini tim asuhan Harry Redknapp masih belum konsisten, dan itu membuat mereka saat ini masih di bawah garis zona Liga Champions, di peringkat ketujuh. Bahkan mereka masih berada di bawah Sunderland dan Bolton Wanderers.

William Gallas bisa menjadi sebuah faktor positif buat Spurs menghadapi Arsenal. Bek veteran Prancis itu tentu sudah hafal di luar kepala karakter bekas klubnya itu, dan kecenderungan taktik pelatih Arsene Wenger. Buat Gallas ini adalah kesempatan untuk memberi impresi tertentu pada suporter Spurs, yang sepertinya belum terlalu "dekat" dengan dia.

Spurs juga dikabarkan sudah bisa menurunkan Jermain Defoe yang pulih lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, setelah absen dua bulan karena cedera engkel. Jika belum "panas", Peter Crouch tetap "hangat" setelah mencetak gol ke gawang Blackburn dan tadi malam untuk Inggris saat dikalahkan Prancis 1-2 di laga persahabatan.

Manchester United, yang cuma bisa memetik hasil seri di dua laga terakhirnya, pekan ini punya misi wajib menang atas Wigan. Begitu pula dengan Liverpool. Fans mereka masih menunggu-nunggu, kapan sebetulnya The Anfield Gang bisa benar-benar bangkit dan konsisten menang lagi. Lawan Liverpool hari Sabtu lusa adalah West Ham United, dan mereka menjadi tuan rumah.

Tim peringkat empat sementara, Manchester City, cuma dapat dua poin dari dua laga terakhirnya, dan mereka tidak mencetak satu gol pun dari sana. Jika mulai merasakan tekanan, manajer Roberto Mancini bisa menguranginya lagi dengan memimpin The Citizens mencuri kemenangan di Craven Cottage, saat bertemu Fulham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar