Senin, 18 Oktober 2010

- Atasi Blackpool, City Tempel Chelsea

Blackpool - Manchester City harus berjuang keras sebelum akhirnya memetik kemenangan 3-2 dalam lawatan ke Blackpool. Tiga poin dari laga tersebut mengantar The Citizens menempel Chelsea di posisi dua.

Melawat ke Bloomfield Road, Minggu (17/10/2010) malam WIB, City dapat perlawanan sengit dari tuan rumah. Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, The Citizens baru bisa membobol gawang lawannya di babak kedua.

Carlos Tevez membuka skor dengan golnya di menit 67 dan 79, yang mengantarnya sementara memuncaki daftar top skorer, sedangkan gol City lainnya datang dari David Silva di menit 90. Dua gol balasan tuan rumah dilesakkan Marlon Herwood (78) dan Gary Taylor-Fletcher di periode injury time.

Kemenangan ini membuat City kini duduk di posisi dua klasemen dengan total mengoleksi 17 poin hasil lima kemenangan, dua hasil imbang dan sekali kalah. Anak didik Roberto Mancini kini hanya terpaut dua angka dari Chelsea yang kemarin diimbangi Aston Villa.

Sementara Blackpool tertahan di posisi 10. Klub promosi itu punya nilai 10 hasil tiga kemenangan, sekali imbang dan empat kali kalah.

Jalannya Pertandingan

City langsung dapat perlawanan sengit sejak menit awal pertandingan. Itu salah satunya terbukti dengan peluang pertama Blackpool di menit 10 saat sepakan Luke Varney dari sisi kanan kotak penalti masih bisa dihadang Joe Hart.

Di menit 19 gantian City menebar ancaman melalui umpam lambung Milner yang tepat menemui kepala Vincent Kompany dan mengarahkan ke gawang. Tak ada gol tercipta karena bola tepat mengarah ke kiper Matthew Gilks.

Blackpool yang cukup jadi kejutan di awal musim ini melanjutkan gempurannya melalui Varney di menit 24, yang gagal berujung gol karena dia tak mampu mengendalikan bola dengan sempurna. Sementara upaya serupa dari Taylor-Fletcher juga tak membuahkan hasil yang diinginkan.

Skor sama kuat 0-0 hingga turun minum.

Di awal babak kedua DJ Campbell membuang peluang terbaik dalam laga tersebut. Tinggal berhadapan dengan Joe Hart usai mendapat umpan dari Varney di sisi kiri, bola yang diarahkan Campbell berhasil melewati Hart namun gagal masuk gawang dan melenceng tipis di sisi kanan sasaran.

Tekanan tuan rumah berlanjut di menit 59 kembali melalui Kompany yang bola cungkilnya melayang terlalu tinggi di atas gawang. Sedangkan tendangan keras Charlie Adam dari jarak 27 meter lebih ditepis dengan gemilang oleh Hart.

Lebih banyak ditekan, City justru mampu membuka gol lebih dulu di menit 67. Mengejar umpan yang dilepaskan Silva dari sisi kiri, Tevez mendahului bek Blackpool untuk membelokkan bola ke dalam gawang dari posisi yang sulit.

Lewat tendangan bebas Adam yang melenceng tipis dari sudut kanan atas gawang, tuan rumah nyaris menyamakan kedudukan. Sementara City juga terus menggedor pertahanan lawannya di antaranya melalui dua upaya James Milner yang masing-masing digagalkan Gilks dan mistar gawang.

Di menit 78 fans tuan rumah bersorak kegirangan menyusul terciptanya gol penyama yang dibuat Harewood. Mendahului Joleon Lescott saat menyambar umpan tendangan bebas, tandukan Harewood bersarang di tiang jauh gawang City.

Namun keembiraan Blackpool tak bertahan lama lantara semenit berselang Tevez mencetak gol keduanya untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1. Mencuri bola dari kaki Ian Evatt di muka kotak penalti Blackpool, striker Argentina itu melepaskan tendangan keras yang membentur kaki Craig Cathcart dan bersarang di gawang tanpa mampu digapai Gilks.

Keunggulan tim tamu bertambah menjadi 3-1 setekah David Silva melakukan aksi individu memperdaya tiga pemain Blackpool di kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung yang hanya bisa dipandangi kiper Gilks masuk ke gawangnya. Inilah gol pertama Silva untuk City di ajang Premier League.

Di masa injury time Blackpool menghidupkan kembali harapannya setelah mencetak gol kedua. Taylor-Fletcher mengubah skor menjadi 2-3 setelah membelokkan tendangan Vaney tepat di muka gawang.

Tak ada gol tambahan dibuat City atau Blackpool di menit-menit tersisa. Skor akhir laga tersebut bertahan di angka 3-2 untuk keunggulan The Citizens.

Susunan Pemain

Blackpool: Matthew Gilks, Ian Evatt, Craig Cathcart, Stephen Crainey, Neil Eardley (Matthew Phillips '76), David Vaughan, Charlie Adam, Eliot Grandin (Marlon Harewood '66), Luke Varney, DJ Campbell, Gary Taylor-Fletcher

Manchester City: Joe Hart, Joleon Lescott, Vincent Kompany, Wayne Bridge, Jerome Boateng (Micah Richards '76), Nigel De Jong, Gareth Barry, James Milner, Emmanuel Adebayor (David Silva '66), Carlos Tevez, Adam Johnson (Patrick Vieira '85)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar