Kamis, 09 September 2010

- City 'Tulang Punggung' Inggris

London - Kendati disesaki dengan sejumlah pemain asing, Manchester City tak kehilangan identitasnya sebagai klub Inggris. Terbukti beberapa pemainnya kini mulai menjadi andalan di timnas Inggris.

Dengan membanjirnya dana dari Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, City kini seperti bisa membeli pemain mana pun yang mereka inginkan--dan dengan harga berapa pun. Maka, skuad The Citizens kini menjadi kosmopolitan.

Banyak pemain-pemain asing yang masuk kategori top, seperti Carlo Tevez, David Silva, Kolo Toure, Nigel De Jong, Emmanuel Adebayor hingga Yaya Toure. Sekilas terlihat bahwa City hanya diramaikan oleh pemain dari luar Inggris.

Jangan salah, sebab faktanya rival Manchester United ini masih menyisakan ruang untuk pemain asli Inggris, dan jumlahnya tidak sedikit. Tercatat, nama-nama seperti Gareth Barry, James Milner, Joleon Lescott, Adam Johnson, Shaun Wirght-Phillips, Micah Richards, Wayne Bridge hingga kiper Joe Hart masih berkutat di tim utama.

Secara total, City masih memiliki 13 pemain asli Inggris di skuad senior. Bandingkan dengan Arsenal yang hanya memiliki tiga; Theo Walcott, Kieran Gibbs dan Jack Wilshere.

Belakangan, nama-nama seperti Barry, Hart, Milner dan Johnson nyaris selalu masuk skuad utama Inggris. Di belakang mereka masih menyusul Lescott atau Wright-Phillips yang siap tampil sebagai pelapis. Wajar kalau kemudian Barry yakin, di masa depan City bisa menjadi tulang punggung Inggris yang sesungguhnya.

"Ini brilian bagi klub, memiliki banyak pemainnya di lapangan (memperkuat Inggris). Ini menunjukkan kualitas yang kami punya di City," ujarnya kepada The Sun.

"Sangat menyenangkan memiliki poros dari pemain-pemain asli Inggris," lanjutnya.

Barry kemudian memberikan contoh dengan menyebut United dan Chelsea masih bisa meraih sukses dengan tetap mempertahankan pemain-pemain Inggris di dalam timnya. Ia berharap, City bisa mengikuti kedua klub tersebut.

"Anda bisa melihat dua tim teratas dalam beberapa tahun terakhir, Chelsea dan Manchester United, mereka punya tulang punggung dari pemain-pemain Inggris dan bisa mencapai sukses."

"Kami harus bekerja keras dan saya harap kami bisa sesukses mereka," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar