Senin, 20 September 2010

- Liverpool Masih Jauh, Masih Tertinggal

Liverpool - Kekalahan 2-3 dari Manchester United membuat Liverpool terdampar di posisi 16 klasemen sementara. The Reds pun masih jauh dan masih tertinggal dari tim-tim besar lainnya.

Sepanjang lima pertandingan di Liga Primer musim ini, pasukan arahan Roy Hodgson itu baru satu kali menorehkan kemenangan, yakni ketika membekap Wst Bromwich Albion 1-0. Selebihnya, Liverpool kalah dua kali dan seri dua kali.

Kekalahan terbesar diderita kala digebuk Manchester City tiga gol tanpa balas, sementara yang teranyar adalah pada Minggu (19/9/2010) malam WIB dari United. Kekalahan dari The Red Devils berarti besar mengingat status sang lawan sebagai rival abadi.

Liverpool sebenarnya bisa menyelamatkan pertandingan tersebut dari kekalahan ketika Steven Gerrard dua kali membobol jala Edwin Van der Sar dan memaksakan skor sama kuat 2-2. Namun, gol ketiga Dimitar Berbatov di menit 83 membuat mereka menelan pil pahit.

Kendati sempat membuat sang lawan deg-degan, 'Si Merah' tetap dianggap tak tampil berbahaya. Sir Alex Ferguson menyebut, timnya jauh lebih dominan di lini tengah dengan Paul Scholes mendikte permainan dan Nani beberapa kali mengiris dari sisi sayap.

"Mereka tak banyak berbuat apa-apa dan mencetak gol berkat keputusan hakim garis untuk menyamakan kedudukan," cetus Fergie di ESPN Star, menyiratkan Liverpool hanya bisa mencetak gol dari situasi bola mati.

Lalu, kala tim-tim seperti United, Arsenal, Chelsea dan City berlomba-lomba untuk mengumpulkan kemenangan, mengapa mesin Liverpool tak kunjung panas? Benarkah mereka kini tengah berada dalam krisis?

Hodgson menolak jika dikatakan krisis. Ia mengklaim kondisi di dalam skuadnya tak seburuk yang diperkirakan orang-orang. Sejak awal, ia memang tak mengincar trofi Premier League. Maka, ketika timnya kini duduk di urutan 16, Hodgson masih mampu bersikap tenang.

"Kami bermain melawan tim papan atas dan kami mendapatkan banyak pujian melihat cara kami kembali menyamakan kedudukan," ucapnya.

"Menggunakan kata seperti 'hancur' akan sedikit tepat jika Anda berbicara soal menjuarai liga. Target kami sendiri adalah untuk menjadi lebih baik, untuk masuk ke zona Liga Champions, dan mungkin ke sanalah saya harus fokus," tukasnya.

Hasil berbeda ditorehkan jika berbicara mengenai Liga Europa. Liverpool tampil meyakinkan di sana dengan selalu meraih kemenangan di lima laga yang sudah dijalani. Terakhir, The Kop menang telak 4-1 atas Stauea Bucuresti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar