Senin, 02 Agustus 2010

- Jelang Premier League
Siap Berpacu Lagi


Jakarta - Akhir pekan ini tirai pembuka kompetisi tertinggi di Inggris, Community Shield, akan digelar. Sejauh mana kesiapan tim-tim Liga Primer jelang musim baru dimulai?

Community Shield bakal dihelat pada 8 Agustus mendatang di stadion yang sakral bagi sepakbola Inggris, Wembley. Pesertanya adalah si juara Premier League musim lalu, Chelsea, dan si runner-up, Manchester United.

Musim lalu keduanya bertarung hingga pekan terakhir untuk menentukan siapa yang keluar sebagai juara. The Blues akhirnya hanya unggul satu angka atas The Red Devils di pekan terakhir tersebut.

Jelang musim baru, Chelsea belum banyak menggeliat di bursa transfer. Meski dikabarkan tertarik untuk menggaet beberapa pemain, salah satu di antaranya Fernando Torres, 'Si Biru' baru mendapatkan Yossi Benayoun. Di sisi lain mereka sudah melepas dua gelandang, Joe Cole dan Michael Ballack.

Laga ujicoba pramusim skuad arahan Carlo Ancelotti itu pun terhitung sepi-sepi saja. Setelah menang tipis 1-0 atas Crystal Palace, Chelsea berturut-turut kalah 1-3 dari Ajax Amsterdam dan 1-2 dari Eintracht Frankfurt--ujicoba ini di luar kekalahan 1-5 dari Wycombe Wanderers yang diderita tim reserve Chelsea.

Ancelotti memang belum menurunkan pemain-pemain terbaiknya di laga ujicoba, dan menyebut timnya bakal siap pada waktunya. Chelsea masih punya satu laga ujicoba lagi menghadapi Hamburg pada tengah pekan ini sebelum turun berlaga di Community Shield.

Bagaimana dengan MU? 'Setan Merah' menghabiskan masa pramusimnya di Amerika Serikat. Sir Alex Ferguson mengangkut banyak pemain muda setelah para bintangnya diistirahatkan lantaran baru saja berlaga di Piala Dunia. Dalam tur tersebut, MU menang tiga kali dan kalah dua kali.

Highlight dari tur ke AS tersebut adalah MU berharap banyak pada bintang muda Javier Hernandez. Sir Alex bahkan berani menyamakan pemuda 22 tahun itu dengan mantan bomber MU, Ole Gunnar Solskjaer.

MU juga masih punya satu laga ujicoba lagi, yakni menghadapi League of Ireland XI pada 4 Agustus mendatang.

Selain Chelsea dan MU juga ada Liverpool dan Arsenal. Masa pramusim The Reds diselipi oleh laga kualifikasi Liga Champions melawan FK Rabotnicki, di mana mereka menang 2-0. Selebihnya, Liverpool tak pernah menang. Mereka ditahan imbang Grashopper 0-0, ditekuk Kaiserslautern 0-1 dan ditundukkan 0-1 oleh Borrusia Moenchengladbach.

Arsenal bisa dibilang relatif bagus dalam laga pramusim-nya. Usai menang tiga kali berurutan atas Barnet, Sturm Graz dan SC Neusiedl 1919, The Gunners berhasil menjuarai turnamen Emirates Cup. Di turnamen itu, mereka bermain imbang 1-1 melawan AC Milan dan menang 3-2 atas Glasgow Celtic. Arsenal adalah satu-satunya anggota Big Four yang belum menelan kekalahan dalam laga pramusim sejauh ini.

Penghuni posisi empat Premier League musim lalu, Tottenham Hotspur, juga melakoni laga pramusim seperti MU; di AS. Dari tiga pertandingan di 'Negeri Paman Sam', Spurs menang satu kali sementara sisanya berakhir imbang. Sebelumnya, The Lilywhites sempat membekap Bournemouth dengan skor 4-0.

Terakhir ada Manchester City. The Citizens cukup sibuk di bursa transfer dengan mengincar banyak pemain dan sejauh ini sudah mendatangkan Yaya Toure dan David Silva. City memang menang 3-0 atas Portland Timbers, tapi selanjutnya mereka takluk Sporting Lisbon 0-2 dan New York Red Bulls 1-2. Setelah sempat menang melalui adu penalti atas Club America, City kemudian dihantam Inter Milan 0-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar