Selasa, 10 Agustus 2010

- Liga Inggris 2010/2011
Optimisme 'Si Profesor'

London - Dalam lima musim terakhir, gelar juara Liga Inggris adalah milik Manchester United dan Chelsea. Bagaimana dengan Arsenal? Arsene Wenger menyebut, musim ini bisa jadi musimnya mereka.

Kala MU dan Chelsea bergantian merebut gelar juara, Arsenal harus berjuang dengan konsistensi sepanjang musim. Sudah enam tahun mereka absen menggenggam gelar juara liga dan kritikan untuk Wenger pun bukannya tak pernah ada.

Kritikan yang biasa ditujukan kepada manajer berjuluk 'Si Profesor' itu adalah kelewat percaya terhadap pemain muda--walau itu bukan sesuatu yanag buruk. Wenger juga dikritik lantaran enggan membeli pemain berlabel bintang.

Apa pun, itu semua adalah hak Wenger. Dialah pelatihnya, dia pula yang punya kebijakan. Yang terpenting tentu adalah hasil akhir dari segala kebijakan yang diterapkan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan musim ini? Wenger juga tak terlalu ramai di bursa transfer. Tak ada superstar yang datang, meski dia bisa mendatangkan Marouane Chamakh dan bek tengah berusia 24 tahun bernama Laurent Koscielny.

Wenger masih mengandalkan nama-nama senior seperti Robin van Persie, Tomas Rosicky dan Andrei Arshavin sebagai pendongkrak tim. Untung juga, Cesc Fabregas menyatakan kesetiaannya terhadap klub--meski habis-habisan digoda Barcelona pada musim panas ini.

"Saya percaya kami punya kans bagus. Yang paling penting adalah kami memiliki kepercayaan tersebut," ucapnya di ESPN Star menanggapi peluang klubnya musim ini.

"Kami finis di posisi ketiga musim lalu, jadi kami punya dua anak tangga untuk didaki. Saya percaya kami bisa melakukannya."

Kesiapan Arsenal relatif terbukti pada ujicoba pra-musim. Dibandingkan dengan MU dan Chelsea, 'Tim Gudang Peluru' punya catatan pertandingan yang lebih bagus. Sementara kedua rivalnya itu beberapa kali menelan kekalahan, Arsenal malah tak tertundukkan. Ujian sesungguhnya pun langsung datang di pekan pertama Premier League.

Minggu (15/8/2010), Arsenal sudah dinanti Liverpool di Anfield. Satu-satunya kekhawatiran Wenger jelang laga tersebut adalah masalah kebugaran pemain. Fabregas bakal memperkuat Spanyol di laga internasional, sementara Van Persie--yang tak dipanggil Belanda--hanya punya sedikit waktu untuk mencapai level terbaik.

"Mereka akan tertinggal. Cesc akan pergi ke Meksiko, jadi dia tak akan bisa berlatih, dan baru akan kembali pada Kamis malam atau Jumat. Kami harus melihat lagi kondisinya."

"Saya harap, Van Persie memiliki persiapan yang baik pekan ini. Tapi, saya pikir dia hanya punya sedikit waktu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar