Kamis, 12 Agustus 2010

- Liga Inggris 2010/2011
Potensi Ancaman untuk Papan Atas

Manchester - Tim-tim papan atas Liga Primer Inggris harus siap menghadapi perlawanan sengit dari tim-tim lain musim ini, jika menilik catatan musim lalu di mana empat tim teratas menderita total jumlah kekalahan terbanyak dalam lima musim terakhir di kompetisi tersebut.

Persaingan musim lalu menghasilkan Chelsea sebagai jawara Liga Primer, di atas Manchester United, Arsenal dan Tottenham Hotspur. Namun, laju 'Si Biru' dalam menduduki takhta juara tidaklah mulus-mulus amat karena harus mengalami beberapa sandungan.

Dengan rekor kekalahan mencapai enam kali, Chelsea menjadi juara Liga Primer dengan catatan kekalahan terbanyak di lima musim terakhir. Bukan hanya Chelsea yang harus bersusah payah menempati posisi finisnya itu karena MU, Arsenal dan Spurs pun mesti berjuang keras dalam menempati zona Liga Champions tersebut.

Walhasil, keempat tim pengisi posisi teratas Liga Primer musim lalu tersebut total menderita kekalahan sebanyak 32 kali, dengan rincian Chelsea kalah enam kali, MU tujuh, Arsenal sembilan dan Spurs sepuluh. Ini juga merupakan jumlah kekalahan terbanyak yang harus diderita empat tim penghuni pucuk klasemen akhir Liga Primer di lima musim belakangan.

Hasil-hasil itu bak memberi sedikit indikasi bahwa kekuatan tim-tim Liga Primer sudah semakin merata dan tak lagi hanya jadi dominasi empat tim saja. Maka persaingan musim depan pun niscaya takkan jauh berbeda ketimbang musim lalu saat ada rivalitas panas dengan sejumlah tim siap menggebrak.

"Situasi sudah pasti berbeda ketimbang musim lalu, benar-benar liga yang berbeda jika dibandingkan dengan apa yang sudah kami lihat sebelumnya," tulis Manajer MU Sir Alex Ferguson dalam kolomnya di Inside United.

"Empat tim teratas saat itu kesulitan dan kehilangan angka di partai-partai yang tak mereka harapkan. Itu menunjukkan kalau tim-tim lain sudah membaik dan saya pikir persaingan akan ketat sekali musim ini," nilai Fergie.

Maka dari itu, Fergie yang timnya musim lalu menorehkan 27 kemenangan, 5 hasil imbang dan 7 kali kalah pun menegaskan bahwa bukan saja persaingan menuju gelar juara saja yang akan sengit tapi juga duel berebut tiket Liga Champions musim depan yang diperuntukkan buat empat tim teratas di klasemen akhir.

"Kami semua harus mewaspadai ancaman dari tim semacam (Aston) Villa, Everton dan Manchester City," ujar dia.

Posisi Empat Tim Teratas Liga Primer & Jumlah Kekalahan

2009/10: Chelsea 6, MU 7, Arsenal 9, Spurs 10 = Total 32 kekalahan
2008/09: MU 4, Liverpool 2, Chelsea 5, Arsenal 6 = Total 17 kekalahan
2007/08: MU 5, Chelsea 3, Arsenal 3, Liverpool 4 = Total 15 kekalahan
2006/07: MU 5, Chelsea 3, Liverpool 10, Arsenal 8 = Total 26 kekalahan
2005/06: Chelsea 5, MU 5, Liverpool 6, Arsenal 11 = Total 27 kekalahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar