Rabu, 11 Agustus 2010

- Liga Inggris 2010/2011
Tak Lagi Big Four, tapi Magnificent Seven

Jakarta - Liga Primer Inggris musim ini diprediksi bakal mengetengahkan persaingan yang sangat ketat. Saking ketatnya rivalitas panas takkan cuma hadir di antara empat tim teratas --big four-- tapi bisa sampai tujuh atau malah delapan tim.

Secara tradisi, beberapa tahun terakhir ini Liga Primer memiliki empat tim yang selalu bersaing ketat dan jadi langganan mengisi posisi teratas. Si big four ini bak ada di "dunia" mereka sendiri karena besarnya rentang kekuatan dengan tim-tim Liga Primer lainnya.

Meski begitu, lambat laun kekuatan antar tim tampaknya kian merata. Maka kalau biasanya big four berisikan Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United, tak demikian musim lalu seiring dengan kesuksesan Tottenham Hotspur mendobrak masuk empat besar.

Di akhir musim lalu Spurs berhasil finis di bawah Arsenal, MU dan Chelsea --si jawara. Sementara itu Liverpool yang biasanya ada di zona empat besar harus rela tercecer di posisi tujuh klasemen.

Yang luar biasa, Manchester City dan Aston Villa pun tak finis jauh-jauh amat dari Spurs. Finis di posisi lima, City punya selisih angka tiga saja dari Spurs sedangkan Villa yang ada di posisi enam tertinggal tiga angka dari City.

Itulah secuplik bukti mulai meratanya kekuatan di Liga Primer Inggris yang tak lagi didominasi big four tapi bergeser ke big seven, atau mungkin big eight jika memasukkan nama Everton yang musim lalu finis di posisi delapan, dan secara konsisten tampil bagus dari musim ke musim.

"Apa yang terjadi di Inggris tahun lalu adalah semua tim bisa kehilangan angka, ini kali pertama hal semacam itu terjadi dalam sebuah musim. Jadi tahun ini pun (persaingan) bakal semakin terbuka," terka Manajer Arsenal Arsene Wenger di situs klubnya.

"Anda mengharapkan Manchester City, yang sudah banyak menginvestasikan uang, menjadi salah satu penantang. Tottenham (bisa jadi penantang) jika mereka dapat meneruskan performa musim lalu, begitu pula dengan Aston Villa. Ada enam atau tujuh tim (selain Arsenal) karena buat saya Everton juga punya skuad tangguh," papar Wenger.

Potensi meningkatnya persaingan musim 2010/11 ini tentu akan menambah semarak Liga Primer Inggris karena yang bersaing ketat tak lagi hanya empat tim papan atas melainkan bisa sampai tujuh tim. Ini mengingatkan orang kepada persaingan tujuh tim Liga Primer yang tergabung dalam "Magnificent Seven" sebelum adanya era "Big Four".

Bukan tak mungkin akan ada juara baru setelah enam musim terakhir selalu dimenangi Chelsea atau MU. Tapi Wenger tentu berharap tim yang dia tanganilah yang keluar jadi jawara.

"Saya percaya kami punya peluang bagus. Hal terpenting adalah kami punya keyakinan tersebut," tegas pria berjuluk 'Si Profesor' itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar