Jumat, 13 Agustus 2010

- Liga Inggris 2010/2011
Dua Big Match di Pekan Pertama


Jakarta - Dan kompetisi paling glamor di dunia saat ini, Liga Inggris, akan bergulir akhir minggu ini. Dengan segala perkembangan yang terjadi, dua big match langsung tergelar di pekan pertama.

Dua tim yang diperkirakan bakal mengganggu stabilitas The Big Four, Tottenham Hotspur dan Manchester City, akan saling bertemu di lapangan White Hart Lane. Mereka adalah laga pembuka kompetisi, Sabtu (14/8/2010) petang WIB.

Spurs bahkan sudah membuyarkan dominasi "Si Empat Besar" ketika di musim lalu finish di urutan keempat, menendang jauh Liverpool yang bahkan hanya berada di peringkat ketujuh, di bawah City dan Aston Villa.

Baru satu pemain baru yang direkrut Harry Redknapp di musim ini, yakni gelandang muda Brasil, Sandro. Selebihnya ia memanggil pulang beberapa pemain yang dipinjamkan ke klub lain di musim lalu seperti Robbie Keane, Giovani dos Santos, dan Jamie O'Hara.

Selebihnya Spurs masih bertumpu pada pemain-pemain yang menjadi kunci sukses di musim lalu, mulai dari Heurelho Gomes, Michael Dawson, Gareth Bale, Luka Modric, Nico Kranjcar, Aaron Lennon, dan Jermain Defoe.

City adalah tim yang paling ditunggu-tunggu gebrakan barunya setelah kembali jor-joran dalam membeli pemain baru, dengan harga yang menurut sebagian orang "lebay". Mereka menjadikan Yaya Toure sebagai salah satu pemain termahal di Liga Inggris dengan nilai transfernya yang 24 juta poundsterling (dari Barcelona), dan gaji 200 ribu pounds per minggu.

The Citizens juga mendatangkan bintang internasional Spanyol David Villa dan bek Jerman Jerome Boateng. Satu pemain baru lain yang diboyong adalah bek asal Serbia, Aleksandar Kolarov, dari Lazio seharga 16 juta pounds.

Entah bagaimana formasi starter ideal manajer Roberto Mancini dengan skuadnya yang bertaburan pemain top itu. Yang jelas, uang membuat City tampak begitu ambisius untuk menjadi besar, dan ironisnya, Mancini paling dijagokan bursa transfer sebagai pelatih pertama yang bakal dipecat di musim ini.

Big Match lain pekan pertama ini adalah Liverpool versus Arsenal. Keren 'kan? Liverpool menjadi tuan rumah, Roy Hodgson plus anak-anak baru yang direkrutnya seperti Joe Cole, Milan Jovanovic dan Christian Poulsen, akan menjadi harapan baru publik Anfield. Harapan mereka masih sama: ada gelar yang bisa diraih di penghujung musim, syukur-syukur titel Liga Inggris yang terakhir kali mereka menangi dua dekade silam.

Peringkat tujuh di musim lalu, sehingga "hanya" tampil di kelas Liga Europa, sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Buat Liverpool, setelah rezim Rafa Benitez selesai, masa kini dan depan lebih penting. Hodgson pasti tahu sebab apa ia dipilih untuk membidangi klub bersejarah besar ini.

Arsenal? Hampir sama. Fans The Gunners tentu berharap musim ini mereka bisa menghasilkan sesuatu lagi karena dalam lima musim terakhir selalu bertangan hampa. Bintang-bintang muda asuhan Arsene Wenger semestinya sudah lebih siap lagi untuk menghadapi tantangan besar. Kapten Cesc Fabregas, Robin van Persie, Andrey Arshavin, Thomas Vermaeulen, Theo Walcott, dan Samir Nasri, harus meyakinkan suporternya bahwa mereka bisa juara. Begitu juga dengan dua pemain senior,Tomas Rosicky dan Manuel Almunia, plus dua pemain baru Laurent Koscielny dan Marouane Chamakh.

Pertandingan lain di hari Sabtu adalah juara bertahan Chelsea melawan tim promosi West Bromwich Albion di Stamford Bridge. Carlo Ancelotti sukses besar di musim pertamanya, dan dia akan diuji lagi kehebatannya, termasuk apakah sudah bisa memberi The Blues gelar Eropa.

Manchester United juga akan ditantang tim promosi lain tapi punya nama besar, Newcastle United. Semua orang sedang ingin menunggu lagi aksi salah satu pemain baru mereka, Javier "Chicharito" Hernandez, yang sudah mencetak satu gol saat mereka mengalahkan Chelsea di Community Shield minggu lalu.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui stasiun televisi mana yang bisa menyiarkan langsung pertandingan Liga Inggris, sebagaimana dipegang Indovision musim lalu. Tapi, Premier League tetap akan bergulir. Selamat mengikuti dan menikmati.

Jadwal pekan pertama:
Sabtu (14/8)
Tottenham Hotspur vs Manchester City
Aston Villa vs West Ham United
Blackburn Rovers vs Everton
Bolton Wanderers vs Fulham
Sunderland vs Birmingham
Wigan Athletic vs Blackpool
Wolverhampton Wanderers vs Stoke City
Chelsea vs West Bromwich Albion

Minggu (15/8)
Liverpool vs Arsenal

Senin (16/8)
Man Utd vs Newcastle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar